Minggu, 22 Juni 2014

ASEAN Community - Tantangan Eksistensi Bangsa di Asia Tenggara

2015 semakin dekat, siap ataupun tidak, kita harus menghadapi ASEAN Community yang akan dimulai tahun itu. Kesepakatan multilateral antar negara se-asia tenggara itu bagaikan dua mata pisau bagi bangsa ini. Di satu sisi peluang untuk memajukan bangsa lebih terbuka lebar. Namun, peluang untuk menjadi negara yang semakin dilupakan juga menghadang ketika kita tidak siap menghadapi hal ini.

Awalnya kesepakatan ini dibuat untuk mencapai tujuan yang sangat mulia, memajukan asia tenggara. Kita gak mau dong, ketinggalan dengan Cina dan India.

Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan langkah-langkah konkrit yang harus dilakukan. Langkah pertamanya adalah 'peace' atau keamanan. Artinya sebelum menjadi suatu komunitas kita harus menjamin keamanan anggota-anggotanya terlebih dahulu. Jangan sampai ada sengketa antar anggota. Langkah berikutnya adalah 'posperity' atau kesejahteraan dimana setidaknya ketimpangan kesejahteraan diantara negara-negara ASEAN tidak terlalu besar. Langkah terakhir adalah 'people'. artinya semua kerjasama ini bergantung pada orang-orang yang berada di dalamnya.


Pertanyaan terbesarnya adalah siapkah bangsa ini menghadapi ASEAN Community?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar